Kelangkaan Beras, Operasi Pasar Perlu Dilakukan Pemerintah Jaga Stabilitas Harga

- 23 Februari 2024, 19:30 WIB
Foto: Kelangkaan Beras, Operasi Pasar Perlu Dilakukan Pemerintah Jaga Stabilitas Harga
Foto: Kelangkaan Beras, Operasi Pasar Perlu Dilakukan Pemerintah Jaga Stabilitas Harga /Instagram@stokberasmu/

 

OKE FLORES.COM - Di tengah-tengah kehidupan sehari-hari yang sudah cukup sulit, masyarakat Indonesia kembali dihadapkan pada tantangan baru yang menimbulkan kekhawatiran, yakni kelangkaan beras.

Kelangkaan beras ini telah menjadi perbincangan hangat di berbagai lapisan masyarakat, karena beras merupakan salah satu bahan pokok yang sangat vital dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia.

Beras, sebagai sumber karbohidrat utama bagi masyarakat Indonesia, tidak hanya memiliki peran penting dalam menyediakan energi bagi tubuh, tetapi juga menjadi komponen kunci dalam kestabilan ekonomi rumah tangga.

Baca Juga: Dukung Perdamaian Palestina, Fadli Zon: Peran Parlemen sebagai Representasi dalam Memperjuangkan Keadilan

Oleh karena itu, ketika terjadi kelangkaan beras, hal ini langsung berdampak pada kehidupan sehari-hari masyarakat, terutama bagi mereka yang berpenghasilan rendah.

Beberapa faktor telah disebutkan sebagai penyebab kelangkaan beras. Salah satunya adalah faktor alam, seperti cuaca ekstrem yang mempengaruhi hasil panen.

Namun, ada juga faktor-faktor lain yang turut berperan, seperti tingginya permintaan beras akibat populasi yang terus bertambah dan perubahan pola konsumsi masyarakat.

Dalam menghadapi kondisi ini, berbagai pihak termasuk pengusaha beras turut memberikan saran dan usulan kepada pemerintah untuk mengatasi kelangkaan beras.

Salah satu usulan yang cukup disoroti adalah pelaksanaan operasi pasar. Operasi pasar merupakan salah satu instrumen yang dapat dilakukan pemerintah untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok, termasuk beras.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah