Waspada Terjebak Pinjol dan Paylater

- 3 Juli 2023, 09:45 WIB
Ilustrasi Waspada Terjebak Pinjol dan Paylater
Ilustrasi Waspada Terjebak Pinjol dan Paylater /Ilustrasi dari PIXABAY/

OKEFLORES.com - Ketua Utama Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Indonesia, Fajar Eri Dianto mengingatkan publik agar tidak terperangkap dalam kebiasaan konsumtif di dunia maya. Terlebih lagi, saat ini ada munculnya layanan pinjaman online (pinjol) dan paylater.

 Dia menjelaskan bahwa umumnya, masyarakat terjebak dalam kebiasaan konsumtif karena fenomena takut ketinggalan (FoMo).

FoMo adalah rasa takut tertinggal dalam perkembangan di dunia online, termasuk juga kekhawatiran tidak bisa memanfaatkan peluang/opsi terbaik menurut media sosial.

Baca Juga: Berikut 3 Jenis Barang yang Bisa Dibeli Menggunakan Pembayaran Tokopedia Paylater

Di samping itu, terdapat kecenderungan ketergantungan terhadap pemenuhan keinginan yang tidak utama, serta ketergantungan pada kebutuhan produk digital yang memerlukan pembayaran.

 “Apalagi, saat ini marak sekali pinjaman online atau 3 dan fasilitas paylater di berbagai platform lokapasar. Fitur-fitur itu memang memberikan kemudahan pinjaman sehingga dapat merangsang seseorang menjadi konsumtif,” kata Fajar Eri Dianto dalam lokakarya "Cakap Literasi Keuangan, Jauhi Budaya Konsumtif di Era Digital" yang digelar di Jawa Barat, dilansir Pikiran-Rakyat.com, Senin 3 Juli 2023.

Cara Terlepas dari Jebakan Konsumtif

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya

Sumber: Pikiran Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah