Lembaga LPDB-KUMKM Memperkuat Distribusi Kepada Sektor Pertanian, Perkebunan, dan Perikanan

- 22 Agustus 2023, 11:30 WIB
Foto : Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo / Lembaga Menengah LPDB-KUMKM Memperkuat Distribusi Kepada Sektor Pertanian, Perkebunan, dan Perikanan
Foto : Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo / Lembaga Menengah LPDB-KUMKM Memperkuat Distribusi Kepada Sektor Pertanian, Perkebunan, dan Perikanan /

OKE FLORES.com - Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) terus memperkuat distribusi dana bergulir kepada sektor riil mulai dari pertanian, perkebunan, hingga perikanan.

Perkembangan ini sejalan dengan program ketahanan pangan pemerintah, dan juga tantangan global baik dalam hal geopolitik maupun ekonomi yang berdampak pada energi dan pangan dengan langsung.

Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo menjelaskan, pihaknya optimis kontribusi distribusi dana bergulir sektor riil akan semakin meningkat.

Baca Juga: Jangan Kwatir Bagi yang Terlilit Utang Pinjol, Berikut Tips Melunasi Utang Pinjol


"Ini seiring dengan penugasan dari Menteri Koperasi dan UKM yang menginginkan penyaluran dana bergulir lebih ditingkatkan kepada sektor riil, dari yang awalnya hanya dua persen, akhir tahun 2023 ini diharapkan bisa mencapai 40 persen dari total penyaluran kami sebesar Rp1,8 triliun," kata Supomo dalam keterangannya, dilansir dari Pikiran-Rakyat.com, Senin 22 Agustus 2023.

Selanjutnya, dilakukan peningkatan pendanaan pada sektor ekonomi nyata ini juga dilakukan LPDB-KUMKM secara bertahap melalui koperasi pinjam-meminjam yang memiliki anggota-anggota koperasi yang bergerak di sektor produktif.

Selanjutnya, dilakukan penguatan lingkungan kerja sama koperasi dari hulu hingga hilir termasuk kepastian akses pasar produk dari UMKM agar terserap kepada pasar yang tepat, dan bisa saling terhubung menjadi ekosistem yang kuat.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah