KPM Berusia Antara 20 hingga 40 Tahun Dapat Bantuan Rp5.000.00, Kira-kira Bansos Apakah Itu?

- 15 April 2024, 09:28 WIB
Foto: Bansos yang masih ada di bulan April 2024.
Foto: Bansos yang masih ada di bulan April 2024. /Aprillio Akbar/ANTARA FOTO/ANTARA FOTO

OKE FLORES.COM - Pemerintah telah mengumumkan program bantuan sosial yang menarik perhatian banyak orang belakangan ini.

Bukan hanya karena nominalnya yang cukup besar, tetapi juga karena sasarannya yang spesifik, yaitu keluarga prasejahtera (KPM) yang berusia antara 20 hingga 40 tahun.

Bantuan ini menandai langkah penting dalam upaya untuk mengurangi kesenjangan sosial dan ekonomi di tengah-tengah masyarakat.

Baca Juga: Tanggal berapa BLT Mitigasi Risiko Pangan Rp600.000 cair? Cek Bocoran Jadwal dan Nama Penerimanya

Bantuan ini berasal dari program Pahlawan Ekonomi Nusantara, atau PENA, yang memberikan bantuan pelatihan pengembangan ekonomi kepada KPM melalui kegiatan UMKM seperti manufaktur, pangan, dan kerajinan.

Program ini dan Program Kartu Prakerja hampir mirip. Satu-satunya hal yang membedakan mereka adalah program PENA menawarkan bantuan keuangan dan pelatihan untuk memulai bisnis.

Kementerian Sosial akan memberikan pelatihan dasar dan permodalan untuk bahan baku dan peralatan produksi kepada KPM yang belum memiliki ide usaha.

Untuk mendapatkan modal lima juta rupiah, KPM harus menentukan jenis bisnis yang akan mereka jalankan, seperti makanan, pakaian, dan sebagainya. Kemudian, mereka harus menandatangani surat kesepakatan dari kementerian sosial.

Modal sebesar Rp5.000.000 tidak dicairkan secara keseluruhan; alat produksi seperti kuali untuk bisnis makanan dan bahan baku diberikan kepada KPM oleh Kementerian Sosial.

KPM yang menerima program PENA harus mengakui bahwa mereka akan didaftarkan sebagai penerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan oleh kementerian sosial.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x