Segini Besaran Gaji dan Prospek Karir Lulusan Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

- 13 April 2024, 09:43 WIB
/https://ptb.stin.ac.id//

OKE FLORES.COM - Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) adalah lembaga pendidikan tinggi di Indonesia yang menyelenggarakan program pendidikan di bidang intelijen.

Lulusan STIN memiliki prospek karir yang cukup menarik karena mereka dapat berkarir di berbagai institusi pemerintah, khususnya di lembaga-lembaga yang berkaitan dengan intelijen dan keamanan negara.

Berikut adalah informasi mengenai besaran gaji dan prospek karir lulusan STIN.

Baca Juga: WOW! Ternyata Segini Gaji Pokok Serta Tunjangan Hakim di Indonesia Terbaru Menurut Kategori atau Jabatannya

Besaran Gaji

Lulusan STIN biasanya akan bekerja di Badan Intelijen Negara (BIN) atau lembaga pemerintah lainnya yang terkait dengan intelijen. Sebagai aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS), mereka akan mendapatkan gaji yang sesuai dengan golongan dan masa kerja yang dimiliki.

Gaji lulusan STIN yang bekerja di BIN atau lembaga pemerintah lain berada di kisaran gaji PNS, yaitu:

  • Golongan III: Untuk lulusan sarjana (S1), gaji pokok berkisar antara Rp4.043.500 hingga Rp6.113.900.
  • Tunjangan: Selain gaji pokok, lulusan juga mendapatkan tunjangan kinerja, tunjangan jabatan, dan tunjangan lainnya yang besarnya bervariasi sesuai dengan posisi dan institusi tempat mereka bekerja.

Besaran gaji dapat berubah sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku.

Prospek Karir

Lulusan STIN memiliki prospek karir yang baik di bidang intelijen dan keamanan negara. Mereka dapat bekerja di berbagai lembaga pemerintah seperti:

  • Badan Intelijen Negara (BIN): Ini adalah lembaga utama yang biasanya merekrut lulusan STIN. Mereka dapat berkarir sebagai analis intelijen, pengamat, atau posisi lainnya di BIN.
  • TNI dan Polri: Lulusan STIN juga dapat bergabung dengan TNI atau Polri sebagai bagian dari bagian intelijen mereka.
  • Kementerian dan Lembaga Lainnya: Beberapa kementerian dan lembaga pemerintah memiliki divisi intelijen atau keamanan internal yang membutuhkan tenaga ahli dari lulusan STIN.

Selain bekerja di lembaga pemerintah, lulusan STIN juga dapat berkarir di sektor swasta, seperti perusahaan konsultan keamanan atau intelijen.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah