Mengatasi Gigi Sensitif dengan Bahan Alami di Rumah

- 27 November 2023, 22:50 WIB
Ilustrasi, cara menghilangkan sakit gigi berlubang
Ilustrasi, cara menghilangkan sakit gigi berlubang //Unsplash/Quang Tri NGUYEN

OKE FLORES.COM - Gigi sensitif dapat menjadi masalah yang mengganggu sehari-hari bagi banyak orang. Sensitivitas pada gigi sering kali disebabkan oleh lapisan email yang aus atau terkikis, sehingga lapisan yang melindungi bagian sensitif dari gigi menjadi lebih tipis.

Meskipun ada banyak produk di pasaran yang dapat membantu mengurangi sensitivitas gigi, penggunaan bahan alami di rumah juga bisa menjadi alternatif yang efektif dan ramah lingkungan.

1. Garam Himalaya

Garam Himalaya memiliki sifat antiinflamasi dan antiseptik yang dapat membantu mengurangi rasa sakit pada gigi sensitif. Campurkan setengah sendok teh garam Himalaya dengan sedikit air hangat dan gunakan sebagai kumur-kumur setiap pagi sebelum menyikat gigi.

Baca Juga: Simak Resep Sehat Capcay Goreng dan Kuah Rendah Kalori yang Wajib Kamu Coba

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung sifat antibakteri yang bisa membantu mengurangi peradangan dan melindungi gigi dari kerusakan lebih lanjut. Gunakan minyak kelapa untuk oil pulling, yaitu dengan berkumur menggunakan satu sendok makan minyak kelapa selama sekitar 15-20 menit setiap pagi sebelum sikat gigi.

3. Jahe

Jahe memiliki sifat antiinflamasi dan antiseptik yang dapat membantu meredakan rasa sakit pada gigi sensitif. Anda dapat mengunyah sepotong kecil jahe segar atau membuat pasta dari jahe dengan sedikit air dan mengoleskannya pada gigi yang sensitif.

4. Lidah Buaya

Getah lidah buaya memiliki sifat penyembuhan dan dapat membantu meredakan iritasi pada gusi serta meredakan rasa sakit pada gigi sensitif. Oleskan gel lidah buaya langsung pada area yang sensitif dan biarkan beberapa menit sebelum berkumur.

5. Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan gigi. Gunakan kantong teh hijau basah yang telah didinginkan untuk menempel pada area gigi yang sensitif selama beberapa menit.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya

Sumber: Halo Sehat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah