Mengenal Alat-Alat Dokter Gigi dan Fungsinya: Peralatan Penting di Ruang Praktik

- 24 November 2023, 12:15 WIB
Informasi seputar formasi lengkap dokter gigi D3 CPNS 2021 yang dibuka Kemenkes disertai satuan kerjanya.
Informasi seputar formasi lengkap dokter gigi D3 CPNS 2021 yang dibuka Kemenkes disertai satuan kerjanya. /PEXELS/Pavel Danilyuk

OKE FLORES.COM - Ketika berkunjung ke dokter gigi, kita sering kali melihat berbagai alat yang mungkin terlihat rumit atau asing.

Namun, setiap alat memiliki peran penting dalam proses perawatan gigi yang dilakukan oleh dokter gigi.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa alat kunci yang digunakan oleh dokter gigi beserta fungsinya dalam proses perawatan gigi.

Baca Juga: Dampak Serius Terhadap Kesehatan yang Mengakibatkan Gangguan Tidur pada Remaja

1. Spekulum

Spekulum adalah alat yang digunakan untuk menjaga mulut terbuka selama pemeriksaan. Ada berbagai jenis spekulum yang dapat disesuaikan dengan ukuran mulut pasien. Fungsinya membantu dokter gigi untuk melihat dengan jelas ke dalam mulut pasien dan melakukan pemeriksaan yang diperlukan.

2. Kuas Gigi dan Pasta Gigi

Alat ini mungkin yang paling akrab bagi kita. Kuas gigi dan pasta gigi adalah alat yang umum digunakan untuk membersihkan gigi. Namun, dalam praktik dokter gigi, mereka juga digunakan sebagai alat untuk mengajarkan pasien teknik menyikat gigi yang benar.

3. Sonde Periodontal

Sonde periodontal digunakan untuk mengukur kedalaman kantong gusi dan untuk mengevaluasi kesehatan gusi serta tulang pendukung gigi. Alat ini membantu dokter gigi dalam mendiagnosis dan merencanakan perawatan untuk penyakit gusi seperti periodontitis.

4. Gigi Buatan dan Bahan Tambalan

Dokter gigi sering kali menggunakan gigi buatan untuk menggantikan gigi yang hilang. Bahan tambalan seperti amalgam atau resin komposit digunakan untuk mengisi lubang pada gigi yang mengalami kerusakan akibat karies.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya

Sumber: Halo Sehat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah