Apakah Pasta Gigi Pemutih Benar-Benar Ampuh Memutihkan Gigi? Berikut Penjelasannya!

- 11 Desember 2023, 09:52 WIB
Ilustrasi. Boikot Produk Israel, Gunakan Pasta Gigi Lokal untuk Anak, Mengandung Fluoride dan Xylitol
Ilustrasi. Boikot Produk Israel, Gunakan Pasta Gigi Lokal untuk Anak, Mengandung Fluoride dan Xylitol /pexels.com/Karolina Grabowska/

OKE FLORES.COM - Pasta gigi pemutih telah menjadi salah satu produk populer di pasaran untuk memperoleh senyuman yang lebih cerah.

Namun, sebelum memutuskan apakah pasta gigi pemutih benar-benar ampuh, kita perlu memahami lebih dalam tentang cara kerjanya dan harapan yang realistis terkait penggunaannya.

Apa yang membuat pasta gigi pemutih?

Pasta gigi pemutih dirancang khusus dengan tambahan bahan aktif seperti peroksida atau partikel abrasif yang membantu menghilangkan noda dan memutihkan gigi. Beberapa bahan yang umum digunakan adalah:

  1. Peroksida: Biasanya dalam bentuk hidrogen peroksida atau karbamida peroksida, bahan ini mampu mengurangi warna gigi dengan cara memecah noda di permukaan gigi.

  2. Partikel abrasif: Bahan-bahan ini membantu menggosok dan mengangkat plak serta noda pada gigi. Partikel ini dapat terbuat dari berbagai bahan, seperti silika atau kalsium karbonat.

Apakah pasta gigi pemutih benar-benar ampuh?

Meskipun pasta gigi pemutih dapat memberikan perbaikan warna gigi, keampuhannya bervariasi dan tergantung pada berbagai faktor, termasuk:

  1. Tingkat Keabuan Gigi: Pasta gigi pemutih lebih efektif dalam menghilangkan noda permukaan pada gigi. Namun, noda yang lebih dalam mungkin memerlukan perawatan lebih lanjut, seperti pemutihan profesional oleh dokter gigi.

  2. Konsistensi Penggunaan: Hasilnya mungkin tidak seketika. Penggunaan rutin, sesuai dengan petunjuk, biasanya diperlukan untuk melihat perubahan yang signifikan.

  3. Bahan-Bahan Aktif: Tingkat konsentrasi bahan aktif dalam pasta gigi dapat berbeda-beda. Pasta gigi dengan konsentrasi peroksida yang lebih tinggi cenderung lebih efektif dalam memutihkan gigi.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya

Sumber: Halosehat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah