Penyebab Sakit Kepala atau Migrain Usai Konsumsi Karbohidrat dan Gula

- 16 Agustus 2023, 10:15 WIB
Hilangkan Migren atau Sakit Kepala Dengan Cara Alami
Hilangkan Migren atau Sakit Kepala Dengan Cara Alami /Pixels. Com/

OKE FLORES.COM - Sakit kepala atau migrain adalah kondisi yang umum dialami oleh banyak orang di seluruh dunia. Salah satu faktor yang dapat memicu migrain adalah konsumsi karbohidrat dan gula.

Meskipun tidak semua orang mengalami migrain setelah mengonsumsi karbohidrat dan gula, tetapi hubungan antara pola makan ini dan sakit kepala telah menjadi perhatian bagi banyak orang dan peneliti medis seperti yang dilansir dari Pikiran-rakyat.com, Rabu, 16 Agustus 2023:

**1. ** Asupan Gula yang Berlebihan: Gula adalah zat yang ditemukan dalam berbagai jenis makanan dan minuman, termasuk makanan cepat saji, minuman manis, permen, kue, dan makanan olahan lainnya. Asupan gula yang berlebihan dapat menyebabkan fluktuasi drastis dalam kadar gula darah seseorang. Saat kita mengonsumsi makanan yang tinggi gula, tubuh melepaskan insulin untuk mengatur gula darah. Fluktuasi tajam dalam kadar gula darah dan insulin ini telah dikaitkan dengan munculnya migrain pada sebagian orang.

**2. ** Efek Inflamasi: Konsumsi karbohidrat olahan tinggi, terutama yang memiliki indeks glikemik tinggi, dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh. Inflamasi ini dapat memengaruhi saraf dan pembuluh darah di otak, yang pada gilirannya dapat menyebabkan sakit kepala atau migrain. Makanan seperti roti putih, nasi putih, dan makanan olahan tinggi karbohidrat sering memiliki efek ini.

**3. ** Gangguan Pola Makan: Mengonsumsi karbohidrat dan gula secara berlebihan dapat mengganggu pola makan sehat secara umum. Kebiasaan makan yang tidak seimbang dapat memicu perubahan hormon dan neurokimia dalam otak yang berkontribusi pada timbulnya migrain.

**4. ** Dehidrasi: Makanan yang kaya karbohidrat dan gula cenderung memiliki kandungan air yang lebih rendah. Konsumsi makanan seperti ini bisa membuat tubuh lebih rentan terhadap dehidrasi, yang telah terbukti menjadi pemicu migrain pada beberapa individu.

**5. ** Pengaruh Pola Makan pada Bakteri Usus: Penelitian baru-baru ini telah mengungkapkan keterkaitan antara kesehatan usus dan migrain. Pola makan yang kaya karbohidrat dan gula dapat mempengaruhi komposisi bakteri usus, yang pada gilirannya dapat memengaruhi kesehatan otak dan merangsang munculnya sakit kepala.

**6. ** Reaksi Alergi atau Sensitivitas Makanan: Beberapa individu mungkin memiliki reaksi alergi atau sensitivitas terhadap beberapa bahan makanan, termasuk karbohidrat atau gula tertentu. Reaksi ini dapat mengaktifkan respons inflamasi dalam tubuh dan memicu migrain.

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah