Penyebab Jenis Penyakit Diabetes Mellitus

- 8 November 2023, 11:30 WIB
Foto: Penyebab Jenis Penyakit Diabetes Mellitus
Foto: Penyebab Jenis Penyakit Diabetes Mellitus /Pixabay/ TesaPhotography

 

OKE FLORES.COM - Penyakit kencing manis atau kencing manis (DM) merupakan penyakit yang menyebabkan terganggunya metabolisme gula darah dalam tubuh, sehingga kadar gula dalam darah meningkat. Kadar gula darah penderita diabetes saat puasa lebih dari 126 mg/dl dan saat tidak puasa atau normal lebih dari 200 mg/dl. Sedangkan pada orang normal, kadar gulanya berkisar antara 60 hingga 120 mg/dl.

Normalnya, karbohidrat dalam makanan yang kita makan akan diubah menjadi glukosa yang akan didistribusikan ke seluruh sel tubuh untuk dijadikan energi dengan bantuan insulin. Namun pada penderita diabetes atau kencing manis, glukosa sulit masuk ke dalam sel karena insulin di dalam tubuh sedikit atau tidak ada sama sekali. Hal ini menyebabkan peningkatan glukosa darah, yang dapat menimbulkan konsekuensi negatif. Penderita diabetes melitus memiliki kadar gula darah yang tinggi setelah makan dan kadar gula darah yang rendah saat berpuasa.

Pengertian

Apa itu diabetes melitus?

Baca Juga: Ternyata Garam Menyimpan Manfaat Luar Biasa untuk Kulit, Salah Satunya Mengatasi Jerawat

Diabetes melitus (atau biasa disebut kencing manis) merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula (glukosa) dalam darah. Kondisi ini disebut juga kencing manis atau kencing manis.

Sel-sel tubuh harus menyerap gula dalam darah dan mengubahnya menjadi energi. Insulin merupakan hormon yang bertugas membantu penyerapan glukosa ke dalam sel tubuh untuk diubah menjadi energi, dan menyimpan sebagian glukosa sebagai cadangan energi.
 
Jika kadar insulin terganggu, seseorang berisiko lebih besar terkena diabetes. Diabetes dapat disebabkan oleh banyak kondisi, seperti:
  • Kurangnya produksi insulin oleh pankreas
  • Gangguan respons tubuh terhadap insulin
  • Adanya pengaruh hormon lain yang menghambat kinerja insulin

Apabila kondisi ini diabaikan dan kadar gula darah dibiarkan tinggi tanpa dikendalikan, diabetes bisa melahirkan berbagai komplikasi membahayakan.

Baca Juga: Ini 4 Penyakit Akibat Kehadiran Tikus di Rumah, Salah Satunya Hantavirus

Jenis-jenis diabetes melitus

Mengutip Hallo Sehat, Rabu 07 November 2023, berdasarkan tiga kondisi penyebabnya, dalam penelitian Pendahuluan Diabetes Melitus dijelaskan bahwa ada banyak jenis penyakit diabetes, yaitu:

1. Diabetes tipe 1

Halaman:

Editor: Adrianus T. Jaya

Sumber: Hallo Sehat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah